Blog is Online Diary. Blog itu buku harian online. But... blog lebih dari itu. More than Online Diary!
Tapi blog will never die! Lihat saja, informasi yang disebar di media sosial itu "cuma permukaan", cuma judul dan alinea awal informasi, selengkapnya tetap aja LINK blog atau website.
Buku harian konvensional hanya tersimpan di bawah bantal. Buku harian online, yakni blog, tersimpan di dunia maya yang bisa dibuka kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja selama ada perangkat dan koneksi internet.
PADA awalnya, blog merupakan halaman yang berisi daftar link informasi yang tersaji di situs web (website). Itulah sebabnya disebut BLOG, kependekan dari Website Log.
Log sendiri salah satu artinya adalah "to record", mencatatkan dalam buku harian. Maka, jadilah blog itu sebagai "buku catatan harian online" (online diary).
Para blogger --sebutan untuk pemilik atau pelaku blogging/ngeblog-- biasa mencatat (menulis) pengalaman dan pemikiran hariannya di blog mereka.
Belakangan, pada perkembangannya, para blogger juga menuliskan ide, pemikiran, dan unek-uneknya tentang segala permasalahan yang dialami dan dipikirkannya.
Lalu, di antara para blogger juga banyak yang sedekah ilmu dengan mempublikasikan wawasan atau ilmunya di blog. Perkembangan hingga kini, blogger juga banyak yang berbagi tips, cara, atau tutorial tentang banyak hal. Makin ramailah blog ini!
KINI, blog juga berkembang menjadi lagan bisnis. Blogging is business merupakan moto blog modern. Bikin blog harus menghasilkan uang! Begitu kira-kira. Google pun membuat program AdSense (iklan) yang bisa diikuti para blogger sebagai publisher iklan Google.
Yang blognya diterima Google Adsense, maka mendapatkan komisi mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan!
Selain Adsense, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai situs organisasi, perusahaan, dan toko online, pun dijasikan lahan wirausaha. Muncullah istilah OnlinePreneur dan BlogPreneur! Jadilah blog is business!!! Not only online diary!
Fungsi utama blog itu ada tiga, yaitu expression, sharing, dan branding. Ekspresi, Berbagi, Promosi!
1. Ekspresi Diri (Self Expression), seperti moto blog WordPress.com yang lama: Express Your Self! Katanya sih, menurut sebuah penelitian, self expression itu sumber kebahagiaan nomor satu!
2. Sharing atau berbagi. Bisa dibilang "Sedekah Ilmu". Ini yang jadi moto blog wordpress.com sekarang: Share with The World, Your Community, or Your Closest Friend! Berbagilah dengan dunia, dengan komunitas Anda, atau dengan teman terdekat Anda! Kata ustadz saya, semakin banyak kita berbagi (memberi), maka akan semakin banyak kita menerima. Amin.....!
3. Personal Branding. Arti personal branding, menurut Wikipedia, adalah "...the practice of people marketing themselves and their careers as brands." Waduh, apa terjemahannya yang tepat ya? Intinya, blog itu merupakan salah satu sarana memperkenalkan diri, promosi diri, dan "jual diri". Dengan punya blog dan sering update, orang-orang bakalan tahu kompetensi kita, integritas kita, wawasan kita, dan banyak hal tentang kita.
Selain ketiga hal tersebut, tentu masih banyak manfaat punya blog lainnya, seperti "mengikat ilmu", mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman, berusaha keep in touch dengan teman-teman lama yang entah di mana, mendatangkan teman baru, kenalan baru, dan sebagainya.
Bahkan, saat ini blog identik dengan bisnis online. BLOG IS BUSINESS! Begitu katanya. Blog itu bisnis.
Kita bisa promosi dan memasarkan produk dan jasa kita di blog. Kita juga bisa membuat blog khusus untuk usaha atau bisnis, namanya... bisnis online, toko online, online store, e-commerce, atau e-marketing. Good Luck!
Nggak punya blog? Ke mana ajeeeeee.......???? Blogging Is Online Diary and Business. You have to blog. Create a Blog NOW!
Blog Is More Than Online Diary

No comments